DIR Return Create A Forum - Home
---------------------------------------------------------
Gilang TopZy
HTML https://gilangtopzy.createaforum.com
---------------------------------------------------------
*****************************************************
DIR Return to: Computer
*****************************************************
#Post#: 23--------------------------------------------------
Sinyal Susah ?? Pake aja Kaleng.
DIR By: GilangTopZy
Date: July 27, 2010, 2:40 am
---------------------------------------------------------
NB : PENGALAMAN SESEORANG YG DITULIS DI ARTIKEL NYA << BACA
(bukan hasil TS sndiri)
SUMBER :
HTML http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4054770
Sekedar ingin berbagi, mungkin didaerah anda bermukim tergolong
padat penduduk, atau kanan-kiri rumah anda tengah tertutup oleh
para pencakar langit, atau mungkin tempat anda bermukim
tergolong daerah yang belum ada peradaban atau belum pernah
terjamah oleh manusia lain kecuali anda sendiri yang
mengakibatkan para Engineer Telco pun sampai enggan untuk
menginstalasi BTS didaerah anda bertempat tinggal. Apalagi
kebutuhan akan koneksi internet sangat menjadi prioritas.
Ada apa dengan tulisan ini? Oke.. tujuan utama adalah memberikan
solusi untuk anda yang membutuhkan koneksi internet, tapi sinyal
gak ada, kalaupun ada sangat kecil, giliran sudah lumayan besar
sinyal yang diperoleh tapi koneksi sering putus tiba-tiba,
(based on true story), hari Selasa ketika ingin berselancar
internet malam hari ternyata signal lemah banget, sering putus,
klo prediksi speed mungkin hanya bisa mencapai 16 kbps (latency
diakibatkan karena signal lemah), nah klo udah gitu kesel banget
khan? udah bayar katanya speedy jadinya slowly, yang katanya
fastnet jadinya slownet, yang katanya broadband jadinya
bearbrand (susu beruang..Lho koq?), gara-gara gak tahan nungguin
modem meng-eskalasi sinyal akhirnya maen-maen ke Dapur dan gak
sengaja liat ada kaleng bekas biskuit, dan kaleng bekas itu ane
coba untuk eksperimen,
yup ini dia kalengnya... dan juga berikut eksperimennya..
Eksperimen cukup dengan mencemplungkan modem ke dalam kaleng
secara acak, lebih baik pada posisi tengah, karena setelah
dicoba dengan menggeser-geser posisi juga sangat mempengaruhi
dari pada sinyal yang didapat dan juga kecepatan transfer
datanya. Dan berikut adalah hasil capture speed test lokal
server (Server Gedung Cyber Lt. 5) setelah modem dicemplungkan
dengan kaleng bekas. (posisi dalam kamar tertutup, hanya
mengandalkan celah-celah plafon)
Yeah.. I got that speed 1,56 Mbps, padahal sebelumnya boro-boro
1 Mbps, konek aja nggak..zzZzz... ^^a
Speed juga sudah di tes dengan mencoba download file serta
mencoba streaming video ke Youtube, hasilnya memuaskan ;D, data
transfer rate stabil seputaran 90-101 Kbps (terkadang dapet
sampe 2 Mbps lhoo..), padahal menurut penuturan Cust Service
Indo*** Depok adalah daerah yang sudah padat pengguna produk
mereka, sampai-sampai mereka pun me-rekomendasikan operator lain
sebagai jasa internet broadband alternatif.
lucu, ekstrim, kocak, gembel, whatever... yang penting menaikkan
gain sinyal, koneksi untuk Transaksi banking pun menjadi lumayan
cepat, proses input data, printing passbook, validasi, It
works!! mungkin klo memasangnya presisi mampu hingga 11 dBi,
dengan cara seperti ini minimal 8 dBi laah.. hihihi..
Oia satu kelemahan, hati-hati jika terlalu lama akan panas,
karena sifat sinyal Microwave yang terfokus powernya akan
memberikan efek panas, bahayanya Modem anda bisa meletus makanya
diakalin dengan kipas angin, minimal udara dijaga lebih sejuk.
Bedanya dalam implementasi yaitu dengan membuat lubang kecil
berada disamping kaleng dan jarak sekitar 4-7 cm dari penampang
dasar kaleng yang tertutup lalu modem diposisikan seperti pada
gambar (posisi modem melintang didalam),
==TAMBAHAN==
Cara diatas tidak disarankan untuk provider yang tidak
menggunakan sinyal sebagai tolak ukur bandwitdh
seperti sp**dy yang menggunakan kabel lan..
==Test disini moga2 ada perubahan.==
untuk mengetest koneksi agan ini ane kasih link nya sama kyk yg
difoto.
HTML http://fajar.uii.net.id/bandwidthmeter/meter.php
::)==DIJAMIN LINK DIATAS BUKAN LINK YG ANEH2 == ;D
*****************************************************
Page 1 of 1